BANDUNG SHOPPING SPREE



Selain terkenal dengan jajanan kulinernya, Bandung juga terkenal dengan pusat mode dan fashion. Kesohoran Bandung sebagai tempat belanja terkenal bahkan hingga negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Jepang, hingga Eropa. Bagaimana tidak, di Bandung saat ini terdapat banyak tempat perbelanjaan dari mulai yang branded hingga kaki lima. Kuwalitas bahan tekstil dan garment di Bandung juga terkenal dengan kuwalitas yang sangat baik, walaupun bisa di katakana bajakan, tapi kuwalitas tidak kalah dengan produk orisinil. Kemajuan fashion Bandung tidak lepas dari jasa generasi muda Bandung yang sangat kreatif. Hal ini dapat di lihat dari semakin berjamurnya distro- distro yang didominasi kepemilikannya oleh pemuda Bandung.

Terlepas dari distro, trend fashion yang berubah setiap tahunnya membuat pengusaha menilik kota Bandung sebagai peluang usahanya. Seperti saat ini contohnya, trend fashion hijab atau islami dimanfaatkan oleh para selebritis yang memiliki bisnis butik dan membuka toko di Bandung. Kali ini kita akan membahas tempat- tempat belanja khususnya di bidang mode dan fashion, mulai dari butik, FO, distro yang menyuguhkan produk branded hingga pasar dan kaki lima yang menjual produk yang tidak kalah dengan produk branded.

RUMAH MODE

Rumah Mode didirikan pada tahun 1999 dengan gagasan Hario Aldi Adhisaputra, berangkat dari hoby dan title pendidikan formal dari lulusan School of Design, Singapura, usaha ini terbentuk dan menjadi salah satu Factory Outlet terbaik di Bandung. Rumah Mode memegang konsep rumah dan pekarangan yang tetap di jaga hingga saat ini. Jadi bagi sobat traveler yang ingin ke Rumah Mode, anda juga bisa menikmati suasana pekarangan dan taman rumah yang di kelilingi pohon rindang dengan udara Bandung yang sejuk. Tak hanya itu, di Rumah Mode juga terdapat arena bermain untuk anak- anak.

Tujuan pendirian usaha ini adalah untuk menyediakan pakaian, selain sisa eksport, Rumah Mode juga menawarkan butik pakaian untuk pria dan wanita dengah harga murah. Rumah Mode memiliki strategi usaha “one stop shopping”, dimana para pengunjung tidak hanya bisa berbelanja pakaian, tapi juga dapat menikmati berbagai fasilitas seperti, tempat beristirahat, tembat bermain anak, kolam, WC umum, Café dan Resto.

THE SECRET

Factory outlet ini sengaja di balut dengat branding berwarna hitam agar memberikan kesan misterius dan elegan. Tapi hal ini mungkin yang menjadi kunci sukses The Secret dalam menarik konsumen, dengan memainkan psikologis dan budaya orang Indonesia yang tak kuasa menahan rasa penasaran. Walau dari luar The Secret memiliki nuansa hitam, tapi siapa sangka, setelah sobat traveler melewati koridor. Sobat traveler akan di sambut dengan warna- warni dari berbagai aksesoris dan variasi pakaian yang memberikan kesan ceria. Factory Outlet ini selalu ramai di kunjungi wisatawan, karena disini terdapat berbagai barang branded yang dapat menaikan dan meningkatkan gengsi sobat traveler saat memakainya.

HERITAGE

Mendengar namanya mungkin yang anda fikirkan kalau tidak Gedung Sate ya Gedung Merdeka. ya Factory Outlet ini memeng memiliki nama yang cukup unik karena dapat memberikan kesan jadul, tapi walau begitu, di Factory Outlet ini tidak menyuguhkan pakaian jadul era 60’.  Pengambilan nama Heritage karena FO ini memiliki bangunan yang masuk kategori heritage atau warisan peninggalan sejarah dengan nuansa Art Deco yang memadukan arsitektur Indo-Eropa. Jadi buat sobat traveler yang berkunjung ke Heritage, jangan lupa mengabadikan foto, karena sepintas bangunan ini agak mirip dengan gedung putih yang ada di amrik sana. Saat anda masuk kedalam Heritage, anda akan di suguhkan berbagai barang branded yang dapat di pilih dan di bawa pulang, tapi jangan lupa bayar di kasir ya. Hehe

HOUSE OF DONATELLO

Imah Donatello, begitulah kira- kira jika Factory Outlet ini di translate ke dalam Bahasa Sunda. House of Donnatello merupakan sebuah brand local yang focus pada produk- produk fashion yang berbahan kulit, seperti tas, sepatu, dompet, jaket, dan aksesoris kulit lainnya. Namun memang sebagian besar FO ini di dominasi oleh sepatu. Masalah harga, House of Donatello merupakan salah satu FO yang tidak akan membuat dompet sobat traveler tidak akan kering, karena harga yang di tawarkan sangatlah terjangkau. Hal itulah yang membuat House of Donatello banyak dikunjungi wisatawan domestic dan internasional terutama pada akhir pekan.

BLOSSOM FAMILY OUTLET

Sesuai dengan taglinenya “Family Outlet”, Blossom merupakan Factory Outlet yang cucok di kunjungi oleh keluarga. Karena memiliki segmen pasar Family, produk di Blossom sangat bervariatif, mulai dari baju formal, casual, aksesoris seperti tas, kacamata, sepaju, hingga sandal jepit. Factory Outlet ini terletak di jalan Dago, dan bagi sobat traveler yang ke sini dapat sekaligus beristirahat dan bersantai di food courtnya sekaligus makan.


Itulah beberapa Factory Outlet di Bandung, sebenarnya masih banyak FO yang terdapat di Bandung, sebagai rujukan FO di Bandung terpusat di kawasan Jl.Ir.H Djuanda (dago) dan R.E.Martadinata (Jalan Riau). Selanjutnya kami akan membahas tempat berbelanja hemat tapi puas.


PASAR BARU

Surga!! Begitulah kira- kira yang di ucapkan touris Malaysia yang berkunjung ke Pasar Baru. Ya memang begitu adanya, Pasar Baru merupakan surga bagi wisatawan yang ingin berbelanja berbagai kebutuhan. Masalah harga, Pasar Baru memang terbilang cukup murah dibanding tempat belanja lainnya. Tempat ini biasanya di kunjungi turis asing yang ingin berbelanja borongan dan di jual lagi di tempat asalnya. Tidak hanya fashion saja produk yang ada disini, sobat traveler juga dapat membeli berbagai produk, seperti karpet, gordeng sutera, alat sholat, pernak- pernik, hingga kebutuhan rumah lainnya seperti bantal, seprei, selimut, dan lain- lain. Bangun Pasar Baru terdiri dari 8 lantai, tempat yang cukup luas untuk berbelanja, jika sobat traveler kelelahan, bisa beristirahat di lantai 7 untuk bersantai, melepas dahaga, dan makan di food court yang kebanyakan menyuguhkan menu makanan khas sunda.

INTERNATIONAL TRADE CENTER (ITC)

Konsep perbelanjaan ITC sebetulnya tidak jauh beda dengan pasar baru, hanya saja di ITC produk yang di jual lebih bervariatif, tidak hanya produk berbahan garmen dan tekstil saja, di ITC juga terdapat toko- toko yang menjual berbagai barang elektronik seperti handphone, TV, hingga kamera. ITC mungkin lebih cocok buat sobat traveler yang ingin melakukan hunting atau yang masih bingung mau membeli oleh- oleh apa.

JALAN CIHAMPELAS

Cihampelas merupakan nama jalan yang sudah fenomenal sejak dulu terutama di kalangan pecinta wisata belanja. Sebenarnya konsep perbelanjaan di Jalan Cihampelas tidak jauh beda dengan Jalan Braga, hanya bedanya jika Braga kebanyakan tokonya berupa café, bar dan resto, Jalan Cihampelas kebanyakan toko yang menjual kebutuhan fashion dan sisanya oleh- oleh khas Bandung berbentuk makanan ringan. Baru- baru ini dikawasan Cihamplas juga telah di bangun Teras Cihampelas, salah satu aktraksi wisata dengan konsep skywalk yang dapat memanjakan pecinta belanja tanpa takut tertabrak kendaraan bermotor. Bagaimana sobat, kayanya emang lebih seru langsung belanja kan, daripada cuman baca- baca doang. hihihi..




Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Bandung Holiday merupakan bagian dari Astrajingga Tour Group yang bergerak di bidang pelayanan jasa Pariwisata Indonesia khushsnya Bandung Raya. Kami memiliki pengalaman bertahun- tahun serta staff lapangan yang handal dan informatif.

0 komentar