KAWAH PUTIH




Kawah Putih merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Bandung dan wajib kalian kunjungi loh guys! Berlokasi di Ciwidey, Jawa Barat, sekitar 53 KM ke arah Selatan kota Bandung.
Ada sebab, tentunya ada akibat. Nah, letusan Gunung Patuha lah yang menyebabkan terbentuknya Kawah Putih. Sesuai dengan namanya, unsur belerang yang berwarna putih menyebabkan warna tanah di kawasan ini berwarna putih. Air danau nya pun berwarna putih ke hijauan dan uniknya warna air di danau di kawasan kawah putih ini dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca pada saat itu.
Kawah Putih memiliki ketinggian lebih dari 2.400 MDPL. Dengan ketinggian tersebut, tentu saja suhu udara di kawasan Kawah Putih ini dingin. Bagi kalian yang ingin bepergian kesini, jangan lupa yaaa bawa jaket atau memakai pakaian yang tebal. Terutama bagi kalian yang jomblo, percayalah ini bukan tempat yang tepat buat kalian jika tak membawa jaket dan pakaian tebal.

SEJARAH KAWAH PUTIH
            Letusan hebat dari Gunung Patuha pada abad ke 10 adalah awal mula terbentuknya kawah putih. Sejak saat itu pula masyarakat sekitar menganggap bahwa lokasi ini merupakan lokasi yang angker. Bukan karena banyak di temukan fosil mantan yang menyebabkan angker. Tapi karena setiap burung yang melintas di kawasan kawah putih tersebut akan mati.
            Seiring dengan berjalannya kamu dan aku. Hmmmm sorry. Maksudnya, seiring dengan berjalannya waktu, kepercayaan masyarakat sekitar tentang angkernya kawasan ini mulai pudar. Sampai pada tahun 1837 seorang ahli  botani asal Jerman yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn datang ke kawasan ini dan beliau tertarik dengan kawasan ini yang sunyi sepi. Bahkan tak ada burung yang melintas di atasnya. Sehingga Beliau berkeliling desa untuk mencari informasi, namun lucunya, informasi yang Beliau dapatkan dari masyarakat desa adalah bahwa kawasan tersebut  angker dan dihuni oleh makhluk halus. Pernyataan masyarakat setempat tersebut tidaklah masuk akal menurut Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Kemudian Beliau mencari tau sendiri apa yang tersembunyi di balik hutan rimba sana. Singkat cerita, akhirnya Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil sampai puncak gunung. Dan dari atas sana Beliau melihat sebuah danau indah berwarna putih dengan bau belerang yang menyengat. Sejak saat itu lah keberadaan Kawah Putih menjadi terkenal. Dan pada tahun 1987, pemerintah mulai mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata yang menawarkan panorama yang unik, yaitu melihat danau yang bisa berubah warna.

BAGAIMANA CARA KE KAWAH PUTIH?
Jalan Mulus Menuju Kawah Putih

      Bingung gimana cara atau rute menuju Kawah Putih? Gampaanggg!!! Google Map aja! Hehe enggak kok. Bagi kalian yang menggunakan kendaraan pribadi dari arah Jakarta, kalian hanya perlu menggunakan jalur tol Cipularang dan keluar melalui pintu tol kopo. Dari sana kalian hanya tinggal menuju arah Soreang lalu ke bagian selatan Ciwidey.
            Bagi kalian yang lebih suka memakai kendaraan umum, dari Terminal Leuwipanjang naiklah angkutan umum ke Terminal Ciwidey. Kenapa ke Terminal Ciwidey? Karena jika kalian naik angkutan yang ke arah Jakarta, niscaya kalian akan kembali lagi ke rumah masing-masing. Okey, kembali ke laptop! Dari Terminal Ciwidey kalian dapat menggunakan angkot yang menuju Situ Patenggang dan turun di depan Gerbang Kawah Putih.

FASILITAS DI KAWAH PUTIH
            Sebagai kawasan wisata, Kawah Putih memiliki fasiltas yang menunjang kenyamanan berwisata kalian, diantaranya:
  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Pusat informasi
  • Restaurant dan warung makan
  • Transportasi menuju kawah dari gerbang masuk
  • Toilet
  • Pusat oleh-oleh


HARGA TIKET MASUK KAWAH PUTIH
            Harga tiket masuk kawsan Kawah Putih (Update Maret 2019) Rp 25.000 baik pada hari biasa, hari libur, maupun akhir pekan. Sedangkan untuk tarif kendaraan adalah sebagai berikut:
  • Parkir atas Mobil               : Rp 150.000
  • Parkir atas Motor              : Rp 35.000
  • Ontang-anting                   : Rp 15.000
  • Parkir bawah Mobil           : Rp 7.000
  • Parkir bawah Motor          : Rp 5.000
  • Parkir bawah Bus              : Rp 25.000

Yang dimaksud dengan parkir atas adalah membawa kendaraan pribadi kalian sampai lokasi kawah, terkecuali untuk bus. Karena bus tidak dibolehkan parkir di atas. Sedangkan yang dimaksud dari parkir bawah adalah memarkirkan kendaraan pribadi kalian di gerbang masuk, kemudian kalian dapat menaiki ontang-anting untuk menuju lokasi kawah.


*FYI : Ontang-anting bukan perhiasan yang biasa dipakai di telinga kalian ya Traveller 😉
Ontang-anting merupakan kendaraan minibus terbuka khas Kawah Putih Ciwidey yang sudah di modifikasi dan dilengkapi dengan pengaman.



JAM OPERASIONAL KAWAH PUTIH
            
Kawah Putih buka setiap hari dari jam 07.00 – 17.00

TIPS AND TRICK WISATA KAWAH PUTIH
Kita punya beberapa tips dan trik nih buat kalian yang mau melipir ke Kawah Putih. Simak baik baik ya Lur!
  • Bau belerang disini cukup menyengat, sebaiknya kalian persiapkan dan pakailah masker sebelum memasuki kawasan Kawah Putih. Bila sebelum memasuki kawasan kawah kalian sudah mencium bau belerang, coba tanyakan kepada orang disebelah anda. Kemungkinan besar orang itulah sumber masalahnya 😊
  • Bila kalian tidak memiliki masker, kalian dapat membelinya di lokasi. Tentunya dengan harga yang sedikit lebih mahal jika di bandingkan dengan membeli di apotek favorit kalian.
  • Suhu udara yang dingin tidak menjamin kulit kalian aman dari sengatan matahari. Ada baiknya gunakan sunblock sebelum kalian melakukan aktivitas di Kawah Putih
  • Terlalu lama berada di sekitar kawah bisa membuat pernafasan kalian terganggu loh guys, kalian bias naik sebentar ke atas, kemudian turun kembali ke kawah bila masih ingin menikmati pesona pemandangan kawah putih
  • Bagi kalian yang jumlah rombongannya sedikit, kami sarankan untuk memarkir kendaraan kalian di gerbang dan kemudian lanjut menggunakan ontang-anting karena lebih murah dan ekonomis. Selain itu, nilai lebih jika kalian menggunakan ontang-anting kalian dapat menikmati pemandangan pegunungan secara jelas, atau bisa juga menggunakan jasa travel agent local untuk mempermudah dan mengefektifkan waktu.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Bandung Holiday merupakan bagian dari Astrajingga Tour Group yang bergerak di bidang pelayanan jasa Pariwisata Indonesia khushsnya Bandung Raya. Kami memiliki pengalaman bertahun- tahun serta staff lapangan yang handal dan informatif.

0 komentar